KUMPULAN RENUNGANKU


Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.  (2Kor 3:17)

Selamat pagi,

Saya pernah mendengar sahabat saya mengatakan bahwa orang yang merdeka adalah orang yang  terikat . Sebaliknya org yang tidak terikat bukanlah orang yg merdeka.

Ketika saya renungkan kata" sahabat saya ini perlahan saya mulai memahami maksdnya. Memang benar, orang yang terikat adalah orang yang merdeka. Terikat dlm hal ini adalah mau terikat utk berkomitment dlm mentaati perintah Allah, mau terikat dg membuka hati dan membiarkan Roh Allah bekerja dalam diri saya dan mau dibimbing seturut kehendak-Nya. Terikat utk mau taat dan setia serta terikat utk mau berjuang kepada kehidupan yang berkenan kepada-Nya. Ketika saya terikat dengan aturan yang Allah berikan dlm hidup saya, maka saya menjadi orang yang merdeka.

Sebaliknya, ketika saya tidak mau terikat maka saya bukan lagi orang yang merdeka karena saya justru menjadi budak dosa dan menutup hati bagi karya Roh Allah. Sebab Roh Allah tinggal dlm diri saya, ketika saya tidak mau terikat maka Roh Allah tidak dapat berkarya dlm diri saya.

Didalam kitab Roma dikatakan :
Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut.  (Rom 8:2) dan
Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.  (Rom 8:6)

Manusia memang mempunyai kehendak bebas utk memilih. Tetapi ketika saya lebih memilih utk terikat kepada kehendak Tuhan, maka pilihan itu akan membuat saya menjadi orang yang merdeka, terlepas dr belenggu dosa dan maut.

Sungguh benarlah kiranya bila injil hari ini mengatakan , bilamana ada Roh Allah disitu ada kemerdekaan. Kemerdekaan dr belenggu dosa dan kemerdekaan yang menikmati janji Allah utk dapat hidup dalam damai sejahtera ( kehidupan yg kekal ). Sebab Tuhan hadir dan berkarya dlm diri saya. Semoga saya dapat terus berjuang dalam menuju kemerdekaan dan makin terikat kepada-Nya dg mentaati dan memelihara relasi dg Roh Allah yg berdiam di dlm diri saya .

Doa :
Tuhan Yesus terimakasih atas Roh penghibur yang Engkau berikan kepada ku. Mampukan hamba utk mau terikat kepada bimbingan-Mu agar sungguh hidup dlm kemerdekaan yg sejati, yg menjauhkan ku dari dosa dan belenggu maut serta akhirnya menikmati hidup yg kekal bersama-Mu di Surga. Amin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mimpi Yang Membuatku Bertanya: Sudahkah Aku Mengenal YESUS ?

Yesus menyapaku melalui Fiman-Nya...(Kisah yang ku alami)

Pengalamanku bersama Bunda Maria...(dalam berbagi rasa)